top of page

Apakah Anda Siap Berinvestasi?

Diperbarui: 2 Jun 2022

Berinvestasi adalah ketika Anda ingin mengembangkan aset selain dengan menabung secara konvensional. Menjadi investor saham adalah salah satu pilihan instrument investasi. Penting untuk dicatat bahwa tidak ada jaminan bahwa Anda akan menghasilkan uang atau keuntungan dari investasi Anda.



Berinvestasi berarti Anda memutuskan untuk tidak membelanjakan uang Anda untuk hal-hal yang memberikan kepuasan instan – seperti pakaian baru atau bahkan keluar malam. Sebaliknya, Anda menempatkan masa depan keuangan Anda sebelum keinginan Anda saat ini dengan membeli aset jangka menengah-panjang.


6 Hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda berinvestasi:


  1. Aliran pendapatan – mengevaluasi dan memahami aliran pendapatan Anda akan membantu menginformasikan keputusan investasi Anda seperti kapan atau apa yang akan diinvestasikan.

  2. Posisi keuangan saat ini – apakah Anda masih memiliki banyak hutang yang harus Anda lunasi? Apakah Anda memiliki tabungan/uang ekstra yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi? Anda dapat memutuskan apakah uang Anda masih perlu digunakan di tempat lain atau apakah Anda memiliki dana untuk diinvestasikan sekarang.

  3. Standar hidup – apa yang Anda butuhkan untuk memiliki kehidupan yang nyaman dan menyenangkan seperti barang-barang pribadi, liburan, hiburan, atau barang-barang mewah? Apakah Anda nyaman sekarang? Apakah Anda mampu membuat anggaran? Setelah Anda menetapkan uang yang dibutuhkan untuk kehidupan yang Anda inginkan, Anda kemudian dapat memutuskan berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk berinvestasi.

  4. Kontrol personal – seberapa besar kontrol yang ingin Anda miliki dalam mengelola keuangan Anda? Apakah Anda lebih suka membiarkan seseorang melakukannya untuk Anda atau Anda ingin tahu apa yang terjadi dengan uang Anda?

  5. Asuransi – apakah Anda memiliki cukup asuransi terhadap risiko properti, harta benda, pendapatan, dan kesejahteraan Anda? Ini membantu Anda memahami apakah Anda dapat menggunakan uang ekstra Anda untuk berinvestasi atau jika Anda masih perlu mengurus tanggung jawab ini.

  6. Kebutuhan akan kebebasan finansial – apakah Anda memiliki kebutuhan yang kuat untuk tidak bergantung pada dana pensiun? Berinvestasi bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk menjadi mandiri secara finansial.


bottom of page